Selasa, 30 Juni 2015

Ukhuwah Islamiyah

Assalamu'alaikum wr.wb
Sudah lama tak bersua dengan kolom tulisan ini.
Alhamdulilah diberikan rezeki keluangan waktu dan ide tulisan, maka postingan ini muncul.
Saya adalah pembaca, penikmat tulisan, juga penulis.Beberapa waktu lalu saya berkunjung ke tumblr teman SMA saya, dia Tika (http://rrramk.tumblr.com)
Dan menemukan tulisan yang membahas mengenai 'Ukhuwah Islamiyah'.
Tulisan itu berupa dialog yang sarat makna, postingannya seperti gambar di bawah ini. 



Sederhana, halus, dan penuh tanda tanya. Saya pun penasaran maka saya kroscek langsung ke Tika tentang dialog singkat nan sederhana itu. Dan penjelasan Tika pun sangat sederhana, berikut penjelasan Tika.
TINGKATAN UKHUWAH
-Tingkatan ukhuwah:
1. Taaruf (kenal)
2. Tafahum (kenal dan memahami sifat, latar belakang, cita2 dan pola pikirnya)
3. Takaful (saling meringankan beban, tolong menolong dlm kebaikan)
4. Insar (mengutamakan org lain drpd diri kita sendiri)
kalo dlm ibadah ga boleh krn waktu gda yg tau sampe kpn
-di surga ada org yg duduk di mimbar bercahaya sampe membuat sahabat iri, org2 itu adalah org yg saling mencintai krn Allah (mencintai seseorg tanpa ada embel2 lain, dan ketika bersama dia kita jd semakin dekat sm Allah).
Hadits: Salah satu org yg tdk disukai adalah org yg bermuka dua (yaitu org yg pilih-pilih teman)
akhlaq: tindakan dan sifat yg kita lakukan di luar kontrol kita, tanpa perlu dipikir
-dlm ukhuwah ga boleh iri. Iri itu menghapus kebaikan seperti kayu dibakar api. Iri cm blh kpd org berilmu yg mengamalkan dan org yg memiliki harta dan diinfaq kan
dengki = iri + menghilangkan nikmat yg dimiliki org lain
-kita hrs memperlakukan org lain agar ia merasa istimewa, tp ga blh menjilat
-memuji di belakang org, di depan org kita hrs ngomong lgsg
Kalau kajian ttg Al Hujurat, banyak materi ttg Ukhuwah di situ..

Penjelasan untuk dialog di tumblr Tika sebagai berikut
Nah.. kan menurut poin ke-4 dalam tingkatan ukhuwah itu, kita hrs mengutamakan org lain drpd diri kita sendiri an.. aku lupa, entah ada sahabat atau orang lain yg membuktikan poin ini, sampe2 dia rela memberikan apa yg dia sangat sukai buat saudaranya, ketika saudaranya punya keinginan untuk memiliki itu..
Misal aan suka banget sama kerudung bunga2, trus aku memuji kerudung aan dan nanya beli dimana smp 3 kali, nah kalau aan benar2 sampe insar, aan ikhlas memberikan kerudungnya buat aku.. tp ini ga dibuat2 ya harusnya, aku harusnya tulus memuji juga, gitu
Iyaaa bukan kewajiban kok an. Itu mah bahasanya temen aku aja an, hahaha

Whuaaa jelas banget dan senang mengetahui hal tentang Ukhuwah Islamiyah.
InsyaAllah akan lebih belajar akan hal itu. Terimakasih Tika.

Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat (QS.Al-Hujurat: 10).

Wassalamu'alaikum wr.wb

Salam,
Annisa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar