Selasa, 21 Juni 2016

Hikmah Embara Ramadhan 1437 H #11 : QS. Al-Qashash

Saya akan menuliskan hikmah QS. Al-Qashash tentang 'hak prerogatif' Allah Swt. Definisi hak prerogatif yaitu hak khusus atau hak istimewa yg ada pd seseorang karena kedudukannya sebagai kepala negara, misal memberi tanda jasa, gelar, grasi, amnesti.

Maka, maksud 'hak prerogatif' Allah Swt adalah hak khusus milik Allah Swt, dan memang Allah Pemilik Segalanya, jadi tanpa adanya hak pun, Allah Pemilik Segalanya.(Lihat ayat 68-70) (untuk lebih jelas silakan baca terjemahan dan tafsir QS.
Al-Qashash yaa)(cek terj.1)
68. Dan Tuhanmu menciptakan dan memilih apa yang Dia kehendaki. Bagi mereka (manusia) tidak ada pilihan[3]. Mahasuci Allah dan Mahatinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan[4].

69. Dan Tuhanmu mengetahui apa yang disembunyikan (dalam) dada mereka dan apa yang mereka nyatakan (dengan lisan mereka).

70. Dan Dialah Allah, tidak ada tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, segala puji bagi-Nya[5] di dunia dan di akhirat, dan bagi-Nya segala penentuan[6] dan kepada-Nya kamu dikembalikan[7].
Mau disebutkan pun gak akan pernah habis dan muat, sebab Allah Maha Kuasa, Allah Maha Pemilik Segalanya. Tiada satupun yang patut disembah selain Allah Swt. Allah Pencipta Segalanya, langit-bumi-dan di antaranya; manusia-tumbuhan-hewan; bulan-bintang-planet; dan semuanya di alam semesta dan jagad raya ini.

Ditulis oleh Annisa Cahyaningtyas di Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar